Minggu, 21 Desember 2014

Komponen dan Sistematika RPP Menurut Permendiknas Nomor 103 tahun 2014

Pemendikbud Nomor tahun 103 tahun 2014 juga mengatur format RPP yang harus dibuat oleh guru. hal ini menegaskan bahwa tidak berlakunya Permendikbud 81 A yang dulunya mengatur format RPP kurikulum 2013. Beberapa komponen yang harus diperhatikan guru dalam membuat RPP sesuai dengan Permendikbud 103 tahun 2014 tersebut adalah sebagai berikut :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       :
Mata pelajaran           :
Kelas/Semester          :
Alokasi Waktu             :

A. Kompetensi Inti (KI)
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD pada KI-2
3. KD pada KI-3
4. KD pada KI-4
C. Indikator Pencapaian Kompetensi*)
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD pada KI-2
3. Indikator KD pada KI-3
4. Indikator KD pada KI-4
D. Materi Pembelajaran (dapat berasal dari buku teks pelajaran dan buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi kekinian, konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar yang dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial)

E. Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan informasi/mencoba
·         Menalar/mengasosiasi
·         Mengomunikasikan
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Inti **)
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan informasi/mencoba
·         Menalar/mengasosiasi
·         Mengomunikasikan

c. Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.

G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat
2. Bahan
3. Sumber Belajar



 Dengan beberapa hal yang harus diperhatikan:
*) Pada setiap KD dikembangkan indikator atau penanda. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-1 dan KI-2 dirumuskan dalam bentuk perilaku umum yang bermuatan nilai dan sikap yang gejalanya dapat diamati sebagai dampak pengiring dari KD pada KI-3 dan KI-4. Indikator untuk KD yang diturunkan dari KI-3 dan KI-4 dirumuskan dalam bentuk perilaku spesifik yang dapat diamati dan terukur.


**) Pada kegiatan inti, kelima pengalaman belajar tidak harus muncul seluruhnya dalam satu pertemuan tetapi dapat dilanjutkan pada pertemuan berikutnya, tergantung cakupan muatan pembelajaran. Setiap langkah pembelajaran dapat digunakan berbagai metode dan teknik pembelajaran.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar