Jumat, 13 September 2019

IMPLEMENTASI ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN

IMPLEMENTASI   ERA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN
Oleh : Andri Wahyono , S.Pd
( Tenaga Pendidik di SMA Negeri 5 Palembang )


Internet merupakan hal yang tidak akan lepas mengikuti perkembangan kemajuan jaman. Penggunaan internet secara luas diperkuat dengan gerakan Era Industri  4.0. Semua manusia seakan “dipaksa” agar memahami dan mampu mengoperasikan pemakaian internet dalam kehidupan sehari-hari.
Namun bagai dua mata pisau begitupun dengan kemajuan beragam teknologi termasuk penggunaan internet. Internet mampu membantu menyerhanakan pekerjaan manusia hingga meminimalisasi penggunaan alat-alat sehingga lebih mudah. Informasi yang tersebar akan secara cepat ditangkap dari seluruh penjuru dunia dan ini juga mampu membuat sebuah pekerjaan lebih efisien secara waktu dan tenaga. Hal yang telah disebutkan merupakan  dampak postif dari penggunaan internet dalam membantu kehidupan manusia.
Namun internet juga menimbulkan tidak sedikit hal yang berbau negatif dan merugikan. Internet bisa  menyebarkan hal-hal negatif terkait pornografi hingga provokasi lewat berita dan gambar serta konten-kontennya. Dampak besar terhadap sisi negatif dari penggunaan internet bahkan mampu “membunuh” sebuah generasi bangsa.  Tentu hal tersebut harus segera dihindari
Penggunaan internet secara bijak yang mengedepankan hal-hal positif juga dilaksanakan di sekolah. Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dimaksimalkan di sekolah. Penulis sebagai guru memberikan arahan terhadap peserta didik diantaranya mendownload buku-buku elektronik yang sudah banyak di internet. Dengan adanya buku elektronik maka peserta didik bisa kapan saja belajar  melalui HP yang lebih kecil ukuranya dari buku sehingga bisa dibawa kemana-mana.
Upaya untuk menimplementasikan Era Industri 4.0 dalam kegitan belajar mengajar pada satuan pendidikan dilakukan mulai dari mensosialisasikan bagaimana cara berinteraksi di dunia maya , bagimana seorang guru melakukan upaya untuk mengajak peserta didik menggunakn internet secara positip, memberikan materi pelajaran dengan mencari sumber sumber belajar yang jelas.
Penulis adalah seorang tenaga pendidk di SMA Negeri 5 Palembang pada mata pelajaran Ekonomi dan mendapat amanat tugas tambahan  sebagai Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum. Dalam proses pembelajaran , penulis selalu menekankan bagaimana kita ber etika dalam berinternet di dunia maya, memperkenalkan kepada peserta didik ketika memcari informasi untuk dijadikan sumber belajar , dan bagaimana tatacara menuangkan hasil pencarian kedalam materi yang diberikan oleh guru.
Peserta didik di SMA Negeri 5 Palembang sebagian besar memiliki alat komunikasi berupa HP Android, hal ini salah satu aspek penunjang pelaksanaan pembelajaran berbasis internet di tambah dengan sarana seperti infokus, ruang komputer, dan askes internet pada setiap ruang komputer dan ruang ruang lainnya. Walapun demikan, sekolah memberikan batasan penggunaan HP di sekolah . Sebelum pembelajaran dimulai peserta didik mengumpulkan seluruh HP yqng dimiliki siswa diletakan kedalam box HP yang telah disediakan dan dikumpulkan pada ruang sendiri di bagian kesiswaan. Pada saat pembelajaran dimulai ketika guru menggunakan pembelajaran berbasis internet , peserta didik baru diperkenankan  menggunakan HPnya dan nanti tetap dalam pengawasan dari guru mata pelajaran.
Pembatasan dan pengawasan penggunaan HP saat proses pembelajaran berlangsung maupun jam sekolah di SMA Negeri 5 Palembang sebelumnya di tuangkan dahulu pada Peraturan Akademik dan Peraturan Tata Tertib Peserta Didik SMA Negeri 5 Palembang.Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat menggunakan HP secara positip dan nantinya nilai nilai karakter peserta didik dapat terbentuk terkhusus saat melakukan interaksi berbasis online.
Penulis dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas selalu memberikan motivasi kepada peserta didik agar mereka menyadari bahwa saat ini ada pada masa era digital dan Era Industri 4.0. Penggunaan HP secara maksimal digunakan saat pembelajaran ekonomi , sebagai contoh saat penulis mengawali pembelajaran dengan video pembelajaran , peserta didik mengamati video pembelajaran yang bersumber dari youtube tersebut dan siap mengikuti pembelajaran yang akan berlangsung.


Blogspot Penulis Pembelajaran Ekonomi


Link Kegiatan Pembelajaran Online Ekonomi

Saat peserta didik melakukan kegiatan kelompok dalam  mengerjakan tugas yang diberikan oleh penulis, mereka dengan antutias mencari sumber materi di website yang sudah ditentukan ataupun mereka mencari sumber yang valid dan jelas, kemudian mereka harus  mencantumkan secara jelas sumbernya pada laporan yang akan mereka buat. Diisinilah penulis menyisipkan materi tentang etika berinternet, cerdas berinternet dan materi lainnya agar mereka dapat bijak dalam berinternet
.
Peserta Didik dalam Kelompok mencari materi melalui internet


Pada akhir pembelajaran peserta didik akan mengumpulkan laporan dari masing masing kelompok melalui email , edmodo ataupun wa grup kelas mata pelajaran ekonomi. Guru mata pelajaran memberikan penilaian terhadap laporan kegiatan peserta didik , dan penilaian akhir untuk mengetahui kemampian pencapaian kompetensi Pada materi yang diajarkan akan dilakukan evaluasi secara online dengan menggunakan aplikasi dari goegle form yang telah disiapkan oleh guru mata pelajaran ( penulis ).


Dengan melakukan pembelajaran perpaduan antara  konvensional dan berbasis internet diharapkan peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran disamping itu juga dapat memanfaatkan HP dan berinternet secara positip sehingga implementasi pembelajaran di Era Industri 4.0 dapat terlaksana dengan baik dan tentunya peserta didik sudah ikut serta dalam penerapan pembelajaran era industry 4.0. Semoga dengan tulisan ini, penulis berharap peserta didik ataupun rekan rekan guru menerapakan pembelajaran berbasis online dengan selalu menekankan bagaimana beretika dalam berinternet dan peserta didik akan dapat mengaplikasikan bagaimana cerdas berinternet.



9 komentar:

  1. Bagus sekali, benar-benar dapat menginspirasi guru-guru lain ����

    BalasHapus
  2. Mantap pak,semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi guru-guru lain

    BalasHapus
  3. keren , sungguh bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

    BalasHapus