Minggu, 13 September 2015

NILAI 75 DALAM SKALA 1-4 BUKAN 3,00



Ternyata Nilai 75 ( skala 0-100) bukan 3,00 ( skala 1-4) !
                                                 Oleh : Andri Wahyono 
( Tenaga Pendidik di SMA Negeri 5 Palembang )

Pelaksanaan Kurikulum 2013 terus berlanjut khusus untuk sekolah-sekolah yang menjadi sekolah sasaran K-13. Dalam pelaksanaanya masih banyak guru-guru yang belum dapat melaksanakan sepenuhnya apa yang diinginkan dari K-13 tersebut, terkhusus masalah penilaian. Dalam K-13 seorang tenaga pendidik harus menyiapkan terlebih dahulu instrumen-instrumen penilaian yang digunakan dalam mengambil nilai peserta didik. Penilaian dalam K-13  diperoleh dari tiga aspek yaitu pengetahuan ( KI.3 ) , ketrampilan (KI.4) dan sikap ( KI.1 dan 2 ). Masing-masing penilaian mengunakan skala nilai 1-4 kemudian dikonversikan ke huruf, permasalahan yang timbul selama ini adalah banyak sekolah-sekolah mengunakan pengunaan konversi nilai dari skala 0-100 ke skala nilai 1-4 dengan perhitungan yang salah.
Misalkan di sekolah tempat penulis berdinas , salah satu mata pelajaran menetapkan KKM nya adalah 75 kemudian dikonversikan ke skala 1-4 menjadi 3,00. Setelah penulis mempelajari rumus yang digunakan untuk memperoleh nilai tersebut adalah :

                                    Nilai = ( Nilai Perolehan /100 ) x  4 

Misal : Nilai yang diperoleh adalah 75 ( dalam skala 0-100) , sehingga dikonversikan  menjadi  ;
                                    Nilai = ( 75/100 ) x  4   = 3,00

Ini benar , karena menggunakan skala 0-4 .  Tapi dalam K-13 kita menggunakan skala 1-4 jadi nilai 75 = 3,00 tidak berlaku di K-13.
Untuk memperoleh nilai yang  sebenarnya digunakanlah rumus :

 M = (3/100 ) x N +  1 dimana  M= Nilai ( 1-4 ) dan  N= nilai (0-100) 

Rumus konversi nilai 0 – 100 menjadi 1 – 4 ada “penambahan” 1, itu dikarenakan 0 – 100 “berangkat” dari 0 sedangkan 1 – 4 berangkat dari 1. Artinya bila ada 10 soal seorang siswa tidak dapat menjawab sama sekali maka nilainya bukan 0 untuk skala 0 – 100, tapi dapat 1 untuk skala 1 – 4.
Sehingga menurut rumus ini nilai yang diperoleh menjadi :
M = (3/100 ) x 75 +  1 = 3,25                                                                     
Berdasarkan Permendikbud no. 104 Tahun 2014 tabel ranah penilaian ketiga aspek sebagai berikut :                                                                                     
          
Berikut tabel perhitungan dari dua skala yaitu skala 0-4 dan skala 1-4 :


 Demikian tentang perhitungan skala nilai dalam kurikulum 2013, semoga saja dapat bermanfaat . Mohon masukan dan saran dari para pembaca. Terimakasih.

















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar