Ternyata Nilai 75 ( skala 0-100)
bukan 3,00 ( skala 1-4) !
Oleh
: Andri Wahyono
Pelaksanaan Kurikulum 2013 terus berlanjut khusus untuk
sekolah-sekolah yang menjadi sekolah sasaran K-13. Dalam pelaksanaanya masih
banyak guru-guru yang belum dapat melaksanakan sepenuhnya apa yang diinginkan
dari K-13 tersebut, terkhusus masalah penilaian. Dalam K-13 seorang tenaga
pendidik harus menyiapkan terlebih dahulu instrumen-instrumen penilaian yang
digunakan dalam mengambil nilai peserta didik. Penilaian dalam K-13 diperoleh dari tiga aspek yaitu pengetahuan (
KI.3 ) , ketrampilan (KI.4) dan sikap ( KI.1 dan 2 ). Masing-masing penilaian
mengunakan skala nilai 1-4 kemudian dikonversikan ke huruf, permasalahan yang timbul
selama ini adalah banyak sekolah-sekolah mengunakan pengunaan konversi nilai
dari skala 0-100 ke skala nilai 1-4 dengan perhitungan yang salah.
Misalkan di sekolah tempat penulis berdinas , salah satu mata
pelajaran menetapkan KKM nya adalah 75 kemudian dikonversikan ke skala 1-4
menjadi 3,00. Setelah penulis mempelajari rumus yang digunakan untuk memperoleh
nilai tersebut adalah :
Nilai = ( Nilai Perolehan /100 ) x 4
Misal : Nilai yang diperoleh adalah 75 (
dalam skala 0-100) , sehingga dikonversikan
menjadi ;
Nilai = ( 75/100 ) x 4 = 3,00
Ini benar , karena menggunakan skala 0-4 . Tapi dalam K-13 kita menggunakan skala 1-4
jadi nilai 75 = 3,00 tidak berlaku di K-13.
Untuk memperoleh nilai yang sebenarnya digunakanlah rumus :
M = (3/100 ) x N + 1 dimana
M= Nilai ( 1-4 ) dan N= nilai (0-100)
(Sumber : https://fatkoer.wordpress.com/2013/12/22/kkm-kriteria-ketuntasan-minimal-75-itu-tidak-realistis/ )
Rumus konversi nilai 0
– 100 menjadi 1
– 4 ada
“penambahan” 1, itu dikarenakan 0 – 100 “berangkat” dari 0 sedangkan 1 – 4 berangkat dari 1. Artinya bila ada 10
soal seorang siswa tidak dapat menjawab sama sekali maka nilainya bukan 0 untuk
skala 0 – 100, tapi dapat 1 untuk skala 1 – 4.
Sehingga menurut rumus ini nilai yang diperoleh menjadi :
M = (3/100 ) x 75 + 1 = 3,25
Berdasarkan Permendikbud no. 104 Tahun 2014 tabel ranah penilaian ketiga aspek sebagai berikut :
Berikut tabel perhitungan dari dua skala yaitu skala 0-4 dan skala 1-4 :
Demikian tentang perhitungan skala nilai dalam kurikulum 2013, semoga saja dapat bermanfaat . Mohon masukan dan saran dari para pembaca. Terimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar